Pages - Menu

Selasa, 03 Maret 2015

Surprise Ngenes


Aku pernah ngalamin hal yang agak-agak ngenes waktu ulang tahun. Tepatnya waktu ulang tahunku yang ke-dua puluh dua. Saat aku belum terlihat terlalu tua.

Waktu itu, mendekati ulang tahunku ada banyak kesialan yang datang padaku. Tepat seminggu sebelumnya, ceritanya aku pengen beli blackberry baru. Waktu itu yang namanya blackberry memang lagi ngehits banget. Yang make belum banyak, dan BB CDMA yang harganya cuma ratusan ribu belum lahir.

Aku udah nabung hampir empat bulan demi momen bersejarah ini. Duit yang kukumpulkan sedikit-sedikit, dimana aku harus rela makan mie instan sehari sekali dan abis itu enggak makan apa-apa lagi. Blackberry yang aku pengen standar aja. Gemini 8520, dan harganya masih di kisaran 1,8 juta. 

Bagi horangkayah, duit segitu mungkin gak perlu didapetin pake acara makan mie instant tiap hari sampai berbulan-bulan. Tapi bagi mahasiswa kereh seperti aku. Usaha dan tawakkal sangat diperlukan demi mengumpulkan uang yang nominalnya menyentuh angka segitu.

Karena rasa ingin yang sangat. Aku sampai-sampai sering browsing blackberry di laptop. Sekedar melihat-lihat dan memimpikan kapan barang itu bisa jadi kenyataan. Sampai pada suatu siang, dari hasil browsing-browsing, aku tidak sengaja terdampar di sebuah toko online yang menawarkan harga-harga elektronik sangat murah. Salah satu diantaranya Blackberry Javelin yang cuma dihargai 1,3 juta.

Sisi mahasiswaku berontak. Javelin jelas lebih bagus dari tipe 8520. Maka, aku pun minta pertimbangan pacarku (iya, waktu itu aku masih punya pacar) untuk membeli lewat online saja. Pacarku menolak, karena lewat online itu enggak aman. Tapi aku meyakinkan kalo ini pasti  aman. Kan alamat websitenya enggak pake gratisan. Di sidebar-nya juga ada aplikasi pengecekan barang JNE dan Pos Indonesia. Aku jadi yakin.

Akhirnya aku pun memesan barang itu. Blackberry Javelin. Aku sumringah, karena aku tinggal menunggu hitungan hari untuk punya HP. Setelah transfer, aku menelfon CS untuk konfirmasi. Setelah beberapa menit. Aku mendapat telfon.  Katanya, uang sudah diterima, barang akan segera dikirim. Aku pun mulai bahagia step by step.

Beberapa menit kemudian, aku mendapat telefon. Disinilah semua keapesan itu dimulai. Pihak toko online yang mengaku bernama Haji Muhidin (nama aslinya lupa). Mengatakan, tokonya sedang promo, beli dua dapet tiga. Jadi kalo aku beli satu lagi, aku bakalan dapet tiga. Aku sih minat, tapi gak punya duit lagi.

Aku pun minta dikirimin satu aja dulu. Kalo nanti mau beli lagi aku bisa pesen lagi disitu. Setelah aku menolak, telfon dimatikan. Beberapa saat kemudian, ada panggilan masuk lagi dari Haji Muhidin.

Dia mengatakan toko JNE yang dijadikan tempat pengiriman udah tutup. Jadi gak bisa dikirim sore ini. Padahal aku yang yakin JNE buka sampe malem, aku pun menyanggah hal ini. namun Haji Muhidin semakin bersikeras, JNE di tempatnya tutup.

Aku pun mengalah dan meminta besok saja buat dikirim. Tapi lagi-lagi Haji Muhidin beralasan, kalo besok gak bisa, karena promonya udah habis dan harga akan kembali normal. Lah kan kampret. Di website gak ada tulisannya kalo promo berakhir hari ini. Aku ngotot gak mau tau, uang udah dikirim aku minta barangku dikirim.

Lalu Haji Muhidin menawarkan, barang akan dikirim langsung dipaketin pake pesawat dan besok bisa nyampe di bandara. Tapi efeknya, pesananku kena bea cukai senilai 500 ribu. Aku disuruh transfer lagi. Aku mulai lemes, ngerasa gak enak sama kelakuan Haji Muhidin ini.

Akhirnya aku bilang, ‘Udah Pak, saya gak jadi pesan aja. Kembalikan saja uang saya!’

‘Maaf bapak, kalo bapak membatalkan pesanan, uang bapak hanya akan kembali setengahnya saja’

‘Saya gak peduli, kembali setengah juga gak masalah. Saya tunggu sore ini juga’, aku udah mikir ini pasti penipuan, daripada uangku hilang semuanya, mending hilang separuhnya. Dan kenyataannya, sampai beberapa hari kemudian, saldo di ATM ku gak bertambah. Aku sukses ditipu toko online dengan uang yang nominalnya tidak sedikit. Dan itu terjadi menjelang ulang tahunku.

Aku jadi gak semangat ngapa-ngapain. Gak selera makan, gak selera ganti baju, gak selera ganti celana dalem. Aku bener-bener ngerasa nyesek banget, duit yang udah dikumpulin sedikit demi sedikit sampai berbulan-bulan, harus diembat sama penipu toko online kampret.

Tepat satu malam sebelum aku ulang tahun. Aku masih gak semangat ngapa-ngapain. Bahkan udah dua hari aku gak berangkat kuliah. Kemudian, sekitar pukul 23.30 malem, temen kontrakan sebelah yang bernama Udin, nyamperin aku buat nemenin dia nyari makan.

Aku heran, ini anak tumben-tumbenan banget ngajakin makan. Tapi, ya... daripada aku jenuh, aku bisa menyegarkan pikiranku sambil merokok beberapa batang di warung angkringan nanti.

Malam itu aku gak pake jaket. Gak ada hasrat buatku make jaket segala. Aku udah mati rasa, gara-gara ditipu sama toko online dengan nominal jutaan. Waktu itu aku sempet mau lapor ke polisi, tapi aku pikir hasilnya bakalan percuma. Aku pun lebih memilih mengutuk Haji Muhidin tanpa melaporkan kejadian ini ke polisi.

Saat sedang perjalanan mencari warung angkringan yang masih buka, di jalan deket lapangan motor Udin berhenti. Mesinnya mati.

Udin nyuruh aku turun buat buka jok motor karena mungkin bensinnya abis. Saat aku nyenterin tangki bensinnya pake hp. Tiba-tiba dari belakang, “PLOK!”, ada sesuatu yang basah mengenai kepalaku. Belum sempat aku menengok, suara “PLOK!” yang kedua kalinya mendarat di kepalaku lagi. Aku mencium sesuatu yang amis.

Dan akhirnya bertubi-tubi aku dihujani tepung, telur dan air selokan yang ternyata disiapkan oleh temen-temenku. Setelah sukses melihat aku begitu mengenaskan. Cewekku, sebut saja Rena, dateng memberikan ucapan sambil membawa sebuah  kue blackforest ukuran jumbo.

‘Gila! Blackforest! Ini pasti kue mahal!’ batinku.

Setelah sekian lama aku melakukan pengiritan radikal, menyaksikan sebuah blackforest di depanku rasanya seperti menemukan sumber mata air di tengah gurun padang pasir. Dari kejauhan temen-temenku masih jaga jarak, ada Udin, Bayu, Fitri dan Wina. Mungkin mereka enggak tahan sama bau selokan di tubuhku atau mereka waspada takut aku peluk mendadak.

Setelah aku ngucapin make a wish di tepi lapangan, aku pun meniup lilin. Dan tiba-tiba dari belakang ada yang mengguyurku lagi. Kampret! Bau banget! Dan lebih kampret lagi, blackforest-nya ikut kesiram air selokan!
Astaga....

Ini kue mahal, kenapa harus diguyur air selokan segala... L

Aku melihat pelakunya, ternyata Fitri. Dia cuma bisa cengar cengir bego tanpa perasaan berdosa sama sekali. Pengen rasanya aku tenggelamin dia di selokan. Tapi itu gak mungkin karena selokan dalemnya gak seberapa.

Aku ngeliat ke Rena, dia cuma bisa nyengir. Kayaknya enggak mempermasalahkan kuenya disiram air selokan. Tapi ini  jadi masalah banget buat aku yang seumur-umur jarang banget makan kue blackforest.

Ini bener-bener ultah terngenes buat aku. Udah sebelumnya kena tipu toko online sampe jutaan. Pas ultah, dapet surprise blackforest malah ujung-ujungnya kena apes. Hufh banget...

Setelah dipikir-pikir, kengenesan yang terjadi di ultahku, hal itu sebenernya enggak perlu terlalu disesali. Ditipu toko online, ini mengajarkan aku buat enggak mudah tergiur sama toko yang harganya murah. Aku harus ekstra hati-hati setiap mau transaksi yang harganya mahal.

Aku juga mesti merasakan gagal makan kue blackforest yang udah ada di depan mata. Mungkin seandainya gak ada air selokan dari Fitri kue itu akan terasa sangat indah dimakan bareng-bareng malam itu. Tapi aku sadar, tanpa kue blackforest pun malam itu sudah sangat indah. Aku masih punya orang-orang yang peduli dengan hari lahirku. Pacar dan sahabat yang masih mau meluangkan waktunya untuk mengingat ulang tahunku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar