Pages - Menu

Sabtu, 28 Februari 2015

Mainan Tahun 90’-an yang Ngangenin


Aku memang sangat bersyukur bisa lahir di tahun 90-an. Karena banyak hal indah yang bisa aku dapatkan sebagai generasi tahun 90-an.  Pada masa itu, setiap hari Minggu pagi aku tidak dibikin gelisah gara-gara pagi-pagi udah dikasih acara musik yang sebenernya acara gak jelas. Acara kartun juga bikin gemes semuanya. Ah... masa-masa 90-an, jadi kangen.

Jaman dulu, waktu aku masih SD. Obrolan di sekolah selalu nyenengin. Ngomongin kartun-kartun yang abis ditonton di hari Minggu. Juga mainan-mainan yang populer waktu itu. Enggak kayak sekarang. Anak kecil yang diomongin, Dangdut Academy. Niruin gayanya D’ Terong. Niruin komentarnya Saipul Jamil yang gaje abis. Sampai obrolan agak matre, ngomongin gaji juri Dangdut Academy. Kasian anak-anak jaman sekarang.

Aku nulis postingan ini karena kangen aja sama mainan jaman dulu yang udah jarang banget aku temuin di era sekarang. Jadi, aku mau nulis aja di blog, sapa tau mainan-mainan jaman dulu akhirnya punah. Di blog ini masih ada arsipnya.


PETAK UMPET

Mainan ini ngangenin banget, aku sering main tiap sore bareng temen-temen. Hompimpa dulu, yang kalah disuruh jaga, nutup mata, terus ngitung sampe sepuluh (ada juga yang sampe 50. Bahkan 100 juga ada. Selesai ngitung ternyata udah imsak. Padahal mainnya sebelum bulan puasa).


Disaat yang jaga ngitung, itulah kesempatan untuk peserta lainnya buat sembunyi. Di tempat yang menurutnya paling aman. Sementara itu, kalo yang jaga lagi nyari dan lengah jaga tempat yang tadi dipake buat ngitung. Kita bisa lari dan megang tempat itu. Maka kita akan aman dari ‘peluang’ dapet giliran jaga berikutnya.

TAZOS

Jaman dulu, tazos jadi mainan yang melambangkan kasta seorang anak. Makin sadis koleksi tazosnya, makin dewa kasta itu anak di mata temennya. Jaman aku SD dulu, tazos seri pokemon bener-bener populer banget. Tazos ini bisa didapetin di bungkus Chiki, Cheetos, Jet Z. Saking populernya,  sampe ada album khusus buat ngoleksi tazos.


DING DONG

Jaman dulu PS 3 belum ada. Jangankan PS 3, PS 2 sampai PS One juga belum ada. Game yang paling populer waktu itu adalah mario bros yang ada di game sega atau nintendo, aku agak lupa. Yang jelas selain Mario Bross yang begitu populer, ada permainan yang namanya Ding Dong. Game yang cara memainkannya pake koin 100 perak ini cukup bikin aku ketagihan. Aku sering rela gak jajan demi main Ding Dong. Bahkan pernah, gara-gara main ini, sepedaku sampe hilang digondol maling. Dan herannya, aku enggak kapok.


TAMIYA

Kartun minggu pagi dulu ada yang populer banget di mata temen-temenku. Judulnya Let’s & Go. Nyeritain tentang kakak beradik yang masing-masing punya mobil tamiya dan ingin ikut perlombaan untuk menentukan tamiya siapa yang tercepat.



Gara-gara film ini, temen-temen SD-ku jadi pada hobi ngoprek tamiya. Mereka rela beli peralatan tamiya yang harganya wow banget. Aku sendiri sih, juga suka mainan tamiya. Tapi enggak sampe ngabisin duit ratusan ribu. Alasannya simpel, karena aku emang enggak punya duit sebanyak itu.

CRUSH GEAR

Permainan kayak tamiya tapi jalannya muter-muter dan ujungnya punya senjata masing-masing ini bikin aku ketagihan banget. Aku suka banget mainan ini, bahkan bangun tidur aku langsung ngambil crush gear ku dan buru-buru mainin di arenanya. Dulu aku punya Garuda Eagle, yang senjatanya pedang. Demi crush gear aku juga rela ngirit jajan buat beli arenanya.


TAMAGOCHI

Ini mainan semacam melihara hewan lewat digital. Kemana-mana bisa dibawa. Sesekali harus ditengok, dilihat... udah waktunya makan apa belum. sakit apa enggak?



Mainan ini bener-bener bikin kita punya kesibukan lain. Jadi sering ngerogoh saku celana atau tas buat ngecek ‘keadaan’ peliharaan kita. Dan kalo di sekolah, dulu sering pamer-pameran peliharaan digital ini sama temen.


Permainan-permainan jaman dulu emang nyenengin. Aku jadi pengen balik ke masa itu. Acara tivinya masih sehat, lagu anak-anak pun masih banyak stoknya. Enggak kayak sekarang, saking minimnya lagu anak. Mereka jadi terbiasa nyanyiin lagu goyang dumang.

Nah, kalo kalian anak angkatan tahun 90-an juga. Ada permainan yang kalian kangenin nggak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar