Pages - Menu

Kamis, 26 Februari 2015

Sewot Sholat Jum'at

Cowok yang sehabis pulang sholat Jum’at biasanya tingkat kegantengannya semakin meningkat. Kayak aku, setelah sholat Jum’at ngerasa agak gantengan dikit. Tapi setelah nyopot sarung, ngelepas baju koko. Gantengan dikit yang aku rasain tadi jadi menguap entah kemana. Huft.. aku jadi pengen sarungan sama baju kokoan terus.

Sholat Jum’at tadi merupakan sesuatu yang berkesan buat aku. Bukan karena aku sebelahan sama cowok putih berpeci hitam ganteng, bukan. Namun, masalahnya enggak seromantis itu.

Gak biasanya sholat Jumat tadi mulainya lebih lama. Khutbah baru dimulai pukul 12.15, ini jelas bikin pasukan orang yang cuma sholat-sholatan jadi gelisah. Salah satunya beberapa orang tua yang ada di belakangku.


Saat imam sholat jum’at lagi khutbah. Mereka malah asik cerita, padahal kalo imam udah mulai khutbah kan gak ada yang boleh ngomong. Kalo ngomong pas khutbah, sholatnya gak sah. Itu kata guru Agamaku waktu dulu aku sekolah di sekolah negeri. Tapi mereka ini kayaknya gak tau, atau mungkin mereka gak peduli. 

Nah, mereka ini malah pada ceramah sendiri. Berisik banget. Ngomongin Imam yang harusnya diganti aja gara-gara khutbahnya telat. Ngomongin Imam yang kalo baca ayat pas sholat pasti lama. Mereka tuh kebanyakan ngeluh banget.

Harusnya dari suaranya yang kenceng banget, mereka tuh udah sampai level mengganggu jamaah lainnya. Tapi karena mereka udah tua, mungkin banyak yang segan mau menegur mereka. Nah, aku yang ada di depannya ngerasa keganggu banget. Mereka tuh sama kayak orang ketiga yang lagi ngedeketin pacar aku. Yah.. walaupun aku sendiri belum punya pacar, aku bisa ngerasain gimana rasanya sih.

Mereka makin semangat ngomong. Aku makin enggak betah  sama keberisikan mereka. Akhirnya, aku pun nengok ke belakang dan bilang “sssttt...”.

Iya.. gitu aja. Bukannya gak berani ngomong lainnya,  cuma kalo aku ngomong lebih dari itu aku jadi gak ada bedanya sama mereka.

Lalu, yang terjadi setelah itu, bukannya mereka jadi tahu diri dan merasa malu. Mereka malah sewot lalu menghardikku dengan ngomong bahasa Yunani, “OPO! KAREP-KAREPKU THO!” yang kalo diterjemahkan ke bahasa Indonesia jadi, “APA! SUKA-SUKA AKU DONK!”

Aku cuma geleng-geleng kepala... itu artinya, mereka tidak mau tahu udah aku ingetin. Aku pun mesti gelisah lebih lanjut karena mereka lanjut ngomong-ngomong hal enggak penting lainnya.

Kadang, kalo mengingatkan sesuatu yang benar belum tentu kita akan dianggap benar. Kadang yang salah sering merasa dirinya benar. Orang-orang Indonesia memang semakin kesini semakin unik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar