Pages - Menu

Sabtu, 28 Februari 2015

#AriKinoysanTips : Mengembangkan Ketrampilan Menulis


Mungkin kalian merasa asing dengan yang namanya Ari Kinoysan Wulandari atau yang akrab disapa ‘Kinoysan’. Tapi jangan salah, Mbak Ari ini adalah penulis yang udah berhasil menulis puluhan buku, dengan berbagai genre. Sebuah hal yang sulit karena menulis berbeda genre sama artinya keluar dari zona nyaman. Dan nyatanya, Mbak Ari ini bisa melakukannya.

Beberapa karya Mbak Ari Kinoysan ini ada; ‘jadi penulis skenario?  Gampang kok’, ‘jadi penulis fiksi? Gampang kok’, ‘jadi penulis produktif?’ gampang kok’ sampai buku-buku pengobatan seperti salah satunya bukunya yang berjudul ‘Herbal Nusantara’.  Gak kalah gaul, Mbak ari juga udah biasa bikin novel teenlit remaja, bahkan jumlahnya puluhan. Kalian bisa cari tau sendiri, soalnya butuh tulisan agak panjang buat nyebutin judul-judulnya.

Ari Kinoysan Wulandari
 Koleksi bukunya (belum update sampe terbaru) : Koleksi Buku Ari kinoysan

Mbak Ari ini juga sering mengadakan pelatihan kelas menulis. Enggak harus tatap muka langsung, tapi melalui grup di facebook yang sifatnya rahasia. Jadi, yang sudah ikut mendaftar saja yang nanti akan diajak bergabung di grup dan berdiskusi banyak hal akan dunia tulis menulis disana.

Aku sendiri sih, gak sengaja kenal mengenal Mbak Ari. Dan gak perlu diceritain gimana aku bisa mengenal nama ‘Kinoysan’ yang jelas aku mau berbagi tips-tips menulis yang sering di-share di akun Facebooknya dengan hashtag #AriKinoysanTips. Silakan disimak:

Mengembangkan Keterampilan Menulis

Menulis dengan baik adalah salah satu keterampilan yang paling dicari dan berguna dalam dunia bisnis. Ironisnya, menulis juga termasuk salah satu keterampilan paling langka. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu mengembangkan keterampilan menulis, yang tidak hanya akan meningkatkan karir anda, tetapi juga membantu mengembangkan kemampuan berpikir dan menjelaskan topik yang paling sulit.

Miliki target pribadi.
Miliki target pribadi yang realistis sehingga cukup waktu untuk merencanakan, penelitian, menulis, dan merevisi.

Miliki rencana dan wujudkan.
Pasti tidak benar kalau ada penulis sukses yang bilang menulis tanpa rencana. Semua pasti direncanakan, meskipun (mungkin) tidak dituliskan dan hanya tergambar di otaknya.

Mulai di tengah.
Ya, sering kita sulit memulai dari awal. Lalu, kenapa tidak mulai dari tengah? Atau malah dari akhir. Dari mana kita mulai, itu urusan penulis; yang penting naskah selesai dan lengkap.

Izinkan draft pertama jelek.
Sering kita berharap sekali menulis langsung bagus. Wah, bagus dalam tulisan itu proses dari menulis jelek berulang-ulang.

Jangan plagiat.
Ini pelanggaran yang lebih berat dari pencurian barang-barang nyata. Hati-hatilah. Tulislah karya sendiri.

Penuhi aturan main.
Kalau mau kirim cerpen ke media tertentu aturannya 10 halaman, ya buatlah 10 halaman. Jangan 8 atau 15. Pasti ditolak.

Gunakan kamus dan ensiklopedi untuk membantu.
Data-data dan fakta kadang bisa dengan mudah ditemukan di kamus dan ensiklopedi. Jadi, bersabahatlah dengan keduanya.

Fokus pada apa yang anda kerjakan.
Jangan tolah-toleh. Kalau sudah merencanakan, mengerjakan, fokus saja sampai selesai. Harus kuat komitmennya untuk selesai.

Proofreading.
Sebagus apapun anda merasa “yakin” tetap harus dibaca ulang dan dikoreksi. Karena pasti ada kesalahan-kesalahan yang harus diperbaiki.

Berikan sesuatu.
Menulis pasti dengan tujuan. Berikan sesuatu untuk pembaca; entah itu informasi, inspirasi, humor, cerminan, dll.

Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan menulis adalah dengan menulis, sebanyak yang anda bisa. Tips di atas akan membantu memberikan arah dan menunjukkan kepada anda kekurangan yang melemahkan tulisan.

Segitu aja #AriKinoysan Tips yang aku bagiin, tips lainnya panjang-panjang banget. Jadi ada baiknya aku bikin postingan sendiri-sendiri aja nanti. Biar yang belajar gak Cuma yang jadi temen facebooknya Mbak Ari, tapi juga temen-temen lain yang mau jadi penulis. Jadi... selamat menerapkan tips-tips dari Mbak Ari yak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar