Pages - Menu

Jumat, 13 Februari 2015

Ijazah, Ah... sudahlah.

Aku suka males kalo harus melamar-lamar pekerjaan. Padahal fase itu sangat penting dan harus aku lalui agar aku bisa melamar kamu nantinya. Iya.. kamu... kamu... yang saat ini masih belum mau sama aku.

Aku sudah cukup bahagia merasakan momen wisuda. Sayangnya, momen bahagia itu terasa begitu singkat. Habis bahagia terbitlah sengsara. Begitu kira-kira bunyinya. Setelah wisuda selesai, aku harus melepas toga sewaan dari kampus. Agak-agak kampret memang, sembilan semester dilalui dengan bonus siksaan skripsi di akhir periode, aku cuma dikasih toga buat wisuda, tapi sorenya harus dikembaliin. Susah-susah kuliah, bertahun-tahun, pakenya toga gak ada sehari.

Beberapa bulan berlalu, aku masih nyaman dengan hidupku yang luntang-lantung. Kerjaan gak ada, pacar juga gak ada. Gak ada yang selalu ada buat aku. Hufh.. *meluk bantal* *bantalnya nolak*


Disaat aku masih luntang lantung tak menentu. Siang itu, ada temenku yang main ke rumah. Sayang.. temenku itu cowok. Gak bisa disepikin deh.

Temenku itu namanya Angelo. Jelas bukan nama sebenernya. Aku hanya enggak tega aja nulis nama dia yang sebenernya disini. Soalnya barangkali nanti blog aku mendadak enggak keren. Aku nyalahin temenku, dia jadi sedih. Kan kasihan.

Angelo siang itu terlihat mengenaskan. Sudah dipastikan dia jomblo. Pake sweter kegedean yang warnanya udah memudar dengan pasti. Jenggot panjang yang enggak keurus. Wajah berminyak. Serta rambut yang kepirang-pirangan karena terkena sinar matahari.

Dia datang ke rumahku, gak mungkin tanpa alasan. Semasa SMA, Angelo emang dikenal sebagai orang yang suka mengkomersilkan sesuatu. Tipikal temen yang suka jual barang ke temennya lebih mahal dari pasaran bukannya lebih murah. Cowok yang agak licik. Aku selalu waspada setiap bertemu dengannya.

Dan benar dugaanku, Angelo datang ke rumahku menawari sesuatu. Aku sudah berpikir ini pasti MLM. Tapi melihat penampilannya, siapapun yang diprospek pasti enggak akan pernah percaya, justru yang ada, Angelo pulang bawa beras 2,5 kilo karena dizakatin sama yang punya rumah.

‘Bro, kamu jual beras gak?’ Angelo bertanya dengan memelas. Mungkin sesaat lagi aku benar-benar akan memberinya beras 2,5 kilo.

‘Gak Lo, emangnya kenapa?’ Aku mencoba sedikit kepo.

‘Yah.. kirain jualan beras, ini aku mau nawarin beras dagangan.’

Tuh kan, Angelo datang untuk menawari sesuatu. Meskipun bukan MLM. Tapi di sini aku heran, muka Angelo seperti orang yang kekurangan beras. Ternyata dia malah jualan beras.

Karena udah lama gak ketemu, akhirnya kita ngobrol-ngobrol seru. Biasa, inget masa lalu. Tapi gak ada obrolan tentang mantan diantara kita. Karena kita memang terlalu kesepian sebagai cowok. Dan kami biasa menggunakan ‘cowok syariah’ sebagai alibi.

‘Jadi, kamu sekarang jualan beras ya. Muka kamu kok lebih mirip jualan narkoba.’ Aku menuduh Angelo tanpa tedeng aling-aling.

‘Hush.. sembarangan, iya nih.. aku sekarang lagi jualan beras. Lagi nyoba-nyoba bisnis.’
‘Keren dong! Wah orang kaya niiiih...’

‘Orang kaya apanya? Aku jualan beras modalnya ngutang. Sertifikat rumah juga tak serahin ke bank. Aku cuma modal nekat aja ini Bro’.

‘Emang orang rumah percaya sama kamu gitu aja nyampe berani nyerahin sertifikat rumah?’

‘Iya kakak-kakakku semua percaya. Yang penting akunya serius dan bisa setoran. Gini-gini juga aku pusing sebenernya. Tapi kalo gak dijalanin, mau ngapain?’

‘Lah.. berarti ijazah kuliahmu gak kepake dong? Lulusan komputer jatuhnya jualan beras’

‘Nurutin ijazah sih bisa-bisa telat sejahtera. Mending jualan beras gini, jadi bos sendiri. Sekarang kalo gak spekulasi gak bakal bisa hidup Bro. Mumpung masih muda.’

Penampilan Angelo emang mengenaskan. Tapi kata-katanya bener-bener semacam tamparan buat aku. Setelah wisuda aku masih enak-enakan di rumah, karena aku pengin nyari kerjaan yang sesuai sama ijazahku. Tapi seonggok cowok lusuh yang ada di depanku udah ngajarin aku buat survive dengan ‘cara apa aja’. Gak harus mentingin gengsi, gak harus sesuai ijazah kalo emang ada tempat lain yang bisa lebih berpotensi buat tempat sukses kita.

Aku manggut-manggut. Terima kasih Angelo. Kamu lusuh tapi udah bikin aku sadar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar